Market Updates

Sektor mining berbalik melemah, IHSG hanya mampu menguat tipis 0,04% di level 6000

Melonjaknya harga batubara di bursa Rotterdam dan Newcastle mendorong penguatan emiten batubara tadi pagi sehingga sektor mining naik hingga 0,45%. Namun menjelang siang, aksi jual di saham batubara membuat sektor mining bergerak melemah dan bahkan menjadi pemberat laju indeks dengan penurunan sebesar 1,18%. Selain mining, sektor agriculture, basic industry dan construction juga merosot cukup dalam di atas satu persen.  

Sektor finance bullish

Sejalan dengan pergerakan bursa global, saham – saham perbankan di bursa Indonesia juga terus bergerak naik.Sektor finance ditutup naik 0,73% dengan BBTN memimpin penguatan setelah naik sebesar 3,34% disusul oleh BBRI sebesar 1,52% dan BBCA  0,96%. BMRI menjadi yang paling kecil karena hanya menguat sebesar 0,34% seiring masifnya net sell asing di saham ini.

Asing net sell 231 miliar

Secara keseluruhan, asing mencatatkan outflow dari bursa sebesar 231,37 miliar hingga penutupan sore ini yang didominasi oleh penjualan bersih di saham BMRI (-345 miliar) dan KPIG (-275 miliar). Adapun saham – saham yang mencatatkan net buy di antaranya adalah BBTN (135 miliar), TELE (100 miliar), LPKR (98 miliar), BBNI (80 miliar) dan BBRI (78 miliar).

Bursa Asia berbalik turun

Sempat sedikit menguat di awal perdagangan tadi pagi, mayoritas indeks saham di Asia berakhir melemah sejalan dengan anjloknya saham – saham teknologi yang mengekor aksi jual pada perusahaan teknologi di bursa Wall Street karena switching ke sektor perbankan yang dianggap memperoleh manfaat terbesar dari lolosnya RUU reformasi pajak.

Indeks Nikkei ditutup turun 0,35% setelah Saham Nintendo anjlok -3,2%, diikuti pelemahan saham teknologi lain seperti Kyocera (-2,2%), Fanuc Corp (-1,9%), Sony (-0,8%), dan Murata (-1,1%).  Dari China, indeks Shanghai Composite dan Hang Seng, Hong Kong serentak melemah 0,18% dan 0,89%. Adapun STI Singapura terpantau turun tipis sebesar 0,07%.

Berbeda dengan mayoritas indeks di atas, Kospi, Korea Selatan justru menguat 0,34% didukung naiknya saham KR Motors Co. Ltd. sebesar  4,20%, dan Kyungbang Ltd. yang  naik 0,72%. Cerahnya bursa Korea juga ditenagai oleh menguatnya mata uang won terhadap US Dollar sebesar 0,28%.

 

Image source: static1.squarespace.com

Author


Avatar