Market Updates

Keputusan kontroversial Donald Trump akibatkan mayoritas bursa Asia ditutup di zona merah

Sempat menguat hingga ke level 6039, IHSG perlahan berangsur turun dan ditutup di level terendahnya hari ini di angka 6006,84. Merosotnya indeks sejalan dengan mayoritas bursa Asia yang bergerak melemah karena meningkatnya tensi politik akibat keputusan presiden Amerika yang mengakui Jerussalem sebagai ibu kota israel, memunculkan kemarahan dari berbagai pihak di dalam dan di luar Amerika Serikat, serta memperuncing risiko konflik di Timur Tengah. Saat ini, Amerika menjadi negara pertama di dunia yang secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.


Tertekan tujuh sektor

Dari sepuluh sektor yang menopang bursa, hanya tiga yang bergerak naik yaitu basic industry (+1,31%), Construction (+0,34%) dan manufacture (+0,08%). Sisanya, tujuh sektor turun dengan penekan terbesar pada sektor Agriculture (-1,44%) karena anjloknya harga CPO dan mining (-1,26%) seiring dengan merosotnya harga minyak dan logam – logam industri. Sektor finance juga ditutup turun 1,16% setelah adanya aksi profit taking di saham perbankan.

Asing net sell besar

Hingga penutupan market, outflow asing tercatat mencapai 890,19 miliar dengan penjualan bersih di pasar nego mencapai 490 miliar yang didominasi saham KPIG, MLPL dan BBRI. Adapun di pasar reguler, saham perbankan yang kemarin menjadi top net buy sekarang berbalik arah. BMRI (-138 miliar), BBCA (-121 miliar) dan BBRI (-78 miliar) menjadi top net sell asing hari ini.

Bursa Asia Mixed cenderung melemah

Bursa Asia bergerak mixed dimana pulihnya sektor teknologi diimbangi oleh sentimen negatif dari keputusan presiden Donald Trump untuk mendeklarasikan pengakuan atas Jerusalem yang ditanggapi investor dengan berbondong memindahkan dananya dari instrumen beresiko seperti saham ke aset safe haven yaitu emas.

Harga emaspun  meski sempat anjlok ke level rendah 1260.10, langsung melesat hingga mencapai 1264.10 per troy ounce. Sedangkan bursa saham Asia bergerak bearish. Indeks Kospi Korea turun 0,50% disusul oleh Shanghai composite yang anjlok 0,67% dan STI Singapura yang melemah 0,43%.

Namun demikian, dari Jepang, indeks Nikkei 225 berhasil mencatatkan rebound hingga 1,45% karena pulihnya saham – saham teknologi yang mengekor pergerakan indeks Nasdaq, Amerika. Saham Nintendo Co. Ltd. (+3,06%) dan Tokyo Electron Ltd. (+4,89%) menjadi salah satu pendorong melajunya Nikkei.


Image source: rmuse.net

Author


Avatar