Market Updates

Sektor mining tertekan cukup dalam, IHSG melemah tipis di tengah bursa Asia yang menguat

Sempat bergerak mantap di awal perdagangan dan mencapai level tertinggi di 6052,51, IHSG perlahan turun dan ditutup turun tipis 4,33 poin atau 0,07% ke level 6026,63 seiring tekanan dari sektor mining yang anjlok hingga -1,89%. Pelemahan sektor mining terkait dengan harga minyak bumi yang tadi pagi terkoreksi serta profit taking di komoditas batubara. Selain mining, basic industry dan trade juga turut menekan indeks dengan pelemahan sebesar – 0,91% dan -0,77%.

Asing net sell 300 M

Di tengah volume transaksi bursa yang cukup rendah, yakni senilai 5,8 triliun yang mana di bawah rata –rata bulan ini di angka 6,95 triliun, asing mencatatkan net sell sebesar 300,45 miliar di keseluruhan pasar yang didominasi oleh penjualan di saham LPKR (-97 miliar), KPIG (-68 miliar), UNTR (-56 miliar) dan TLKM (-43 miliar). Adapun saham – saham yang mencatatkan net buy di antaranya adalah BBNI (54 miliar), BBRI (31 miliar), BSIM (25 miliar) dan INDY (20 miliar).

Bursa Asia Bullish

Hingga penutupan sore ini sejumlah indeks utama bursa Asia bergerak menghijau ditenagai sentimen dari bursa Wall Street pasca rilis data tenaga kerja Amerika yang menunjukkan pertumbuhan lebih tinggi dari perkiraan pasar. Selain itu, optimisme investor juga terdorong oleh keputusan pemerintah AS untuk menghindari terjadinya shutdown dan perundingan terkait perundang-undangan reformasi pajak juga menunjukkan kemajuan positif.

Pertumbuhan data tenaga kerja tersebut juga membuka kemungkinan the FED untuk menaikkan suku bunga di bulan ini dan membuat mata uang dollar semakin menanjak. Bursa Jepang yang mayoritas emitenya berorientasi ekspor diuntungkan dengan penguatan dollar ini sehingga indeks Nikkei 225 menguat hingga 0,56%.

Selain Nikkei, indeks Hang Seng Hong Kong dan Shanghai Composite China melonjak di kisaran 1%. Adapun STI Singapura dan ASX 200 Australia masing – masing menguat 1,04% dan 0,07%. Kemudian, dari Korea Selatan, indeks Kospi turut naik sebesar 0,30%.


Image source: rloky.com

Author


Avatar