Market Updates

Sector basic industry melonjak di akhir perdagangan, ihsg ditutup naik 0,37%

Pergerakan IHSG hari ini cukup mixed, namun lonjakan di sektor basic industry pada sesi penutupan membuat indeks ditutup naik 0,37 ke level 6054,60 yang sekaligus menjadi titik tertingginya hari ini. Sektor basic industry melompat sebesar 2,35% karena penguatan tajam pada saham CPIN, NIKL, dan SMGR. Laju indeks juga semakin mantap karena dukungan dari sektor mining dan trade yang masing – masing naik di atas 1%. Hingga penutupan, hanya tiga sektor yang bergerak melemah yaitu agri, konsumer dan aneka industri.

Asing net sell setengah triliun

Hingga penutupan pasar, outflow asing dari bursa tercatat mencapai nominal 530,75 miliar di keseluruhan pasar dimana saham – saham yang menjadi top net sell di antaranya adalah BBCA (-179 miliar), MLPL (-106 miliar), BMRI (-95 miliar) dan ASII (-94 miliar). Adapun saham – saham yang menjadi top net buy yaitu INDF (63 miliar), INDY (58 miliar), BBNI 45 miliar) dan KPIG 30 miliar).

Bursa Asia mayoritas menguat

Pergerakan sejumlah indeks di regional Asia berakhir di zona hijau, mengekor pergerakan bursa Wall Street semalam yang mencetak rekor penutupan tertinggi baru. Kenaikan harga komoditas minyak dan batubara juga turut menopang pergerakan bursa – bursa Asia.

Indeks ASX Australia ditutup naik 0,14% karena lonjakan pada saham Westfield sebesar 14,41%  setelah menerima tawaran pengambilalihan senilai US$ 15,7 miliar. Indeks Shanghai Composite yang melemah di awal perdagangan, akhirnya ditutup menguat 0,68% sedangkan Hang Seng, Hong Kong juga melompat hingga 1,43%.

Dari Korea Selatan, indeks Kospi mendapatkan sentimen positif dari prosesi kunjungan presiden Moon Jae-in  ke China selama empat hari yang dipercaya pasar akan membawa agenda pembahasan mengenai senjata nuklir Korea Utara dan sistem pertahanan rudal THAAD di Seoul.

Meski demikian, bursa Jepang bergerak di zona merah dan ditutup melemah 0,47% karena penguatan mata uang yen terhadap dollar yang memberi sentimen negatif bagi negara eksportir tersebut. Siang tadi nilai tukar yen terpantau menguat 0,18% atau 0,20 poin ke posisi 113,34 per dolar AS.

 

Image source: navalforce.files.wordpress.com

Author


Avatar