Market Updates

Bursa regional Asia terpuruk, IHSG justru cetak rekor penutupan tertinggi baru

Didukung kenaikan sepuluh sektor yang ada di bursa, IHSG berhasil menembus rekor penutupan tertinggi baru di angka 6113,65. Sentimen negatif dari merahnya bursa Asia dan turunya harga komoditas diabaikan pasar. Volume transaksi juga tercatat mencapai angka 9,78 triliun jauh lebih tinggi dari rata-rata transaksi bursa bulan ini di angka 6,9 triliun.

Sektor basic industry kembali menjadi bintang dengan kenaikan sebesar 2,94% karena cemerlangnya kinerja saham – saham semen. Sektor aneka industri menyusul dengan penguatan sebesar 2,49% karena lonjakan saham ASII. Selain kedua sektor tersebut, konstruksi, manufaktur dan trade turut menopang indeks dengan kenaikan di atas 1%.

Asing net buy di pasar reguler

Laju mantap IHSG hari ini turut didukung oleh inflow dana asing khususnya di pasar reguler yang tercatat hingga penutupan mencapai nominal 424,92 miliar. ASII menjadi top net buy asing dengan pembelian bersih sebesar 168 miliar disusul oleh TLKM (131 miliar), BBRI (62 miliar), UNVR (45 miliar) dan BBNI (40 miliar). Meski demikian, adanya transaksi penjualan jumbo di pasar nego pada saham BNBR senilai 614 miliar membuat secara keseluruhan asing mencatatkan net sell sebesar 137,10 miliar.

Bursa regional Asia memerah

Bursa Asia berbalik melemah setelah tadi pagi menghijau. Sektor finansial terutama perbankan mengalami aksi profit taking mengekor bursa Amerika setelah imbal hasil obligasi pemerintah AS turun karena the Fed mempertahankan proyeksi kenaikan suku bunga sebanyak tiga kali di tahun depan.

Indeks Nikkei Jepang turun 0,28% sedangkan Shanghai Composite China dan Hang Seng, Hong Kong masing masing melemah 0,32% dan 0,16%. Indeks Kospi Korea Selatan juga berakhir melemah di zona merah dengan penurunan sebesar 0,45%.

 

Image source: gimg.kumpar.com

Author


Avatar