Market Updates

Masih perkasa, IHSG cetak rekor lagi dengan kenaikan sebesar 0,55%

Mendapat sentimen positif dari pergerakan bursa global dan harga komoditas, laju IHSG tidak terbendung walaupun sempat mengalami proft taking di awal perdagangan. Indeks bergerak dengan range 6110 – 6176 dan ditutup di level 6167,67 atau naik sebesar 33,71 poin (0,55%).  Sektor mining menjadi pendorong utama dengan kenaikan sebesar 1,97% karena lonjakan harga PTBA dan penguatan saham batubara lainya. Selain mining, sektor consumer goods dan trade juga mencatatkan kenaikan yang signifikan. Adapun sektor yang paling mengalami penurunan adalah infrastruktur dengan pelemahan 0,71%, dan industri dasar turun 0,5%.

Asing catatkan net buy

Hari ini asing mencatatkan net buy sebesar 146,05 miliar di keseluruhan pasar yang didominasi oleh transaksi pembelian di pasar nego pada saham KPIG (500 miliar), TAMU (149 miliar) dan TELE (140 miliar). Adapun di pasar reguler, asing masih melanjutkan outflownya meski tidak terlalu besar yaitu senilai -89,78 miliar karena penjualan di saham TLKM (-120 miliar), JSMR (-38 miliar), BMRI (-36 miliar) dan LPKR (-32 miliar).

Bursa Asia cenderung menguat

Pergerakan bursa Asia hari ini ditenagai oleh optimisme di bursa Wall Street dimana ketiga indeks utamanya kembali memecahkan rekor penutupan tertinggi. Pergerakan harga komoditas batubara dan logam industri yang menguat juga menjadi faktor penggerak.

Di Sydney, indeks S&P/ASX 200 naik 0,54% setelah saham pertambangan menguat mengikuti laju harga logam dasar dan bijih besi pada sesi sebelumnya. Dari China, indeks Shanghai Composite naik 0,88% karena langkah nyata yang dilakukan beberapa perusahaan dalam menyelesaikan kewajiban hutang. Indeks Hang seng, Hong Kong juga turut bergerak menguat 0,59%.

Namun demikian, indeks Nikkei Jepang dan Kospi Korea harus terkapar di zona merah dengan pelemahan tipis 0,15% dan 0,13%. Bursa Jepang terbebani oleh kenaikan yen terhadap dollar  di hari kedua. Adapun pelemahan di bursa Korea lebih disebabkan oleh aksi profit taking setelah pagi tadi bergerak di zona hijau.

 

Image source: socialentrepreneurs.ie

Author


Avatar