Market Updates

Masih perkasa, IHSG kembali terbang dengan kenaikan 0,90%

Sempat bergerak melemah ke level 6214, tekanan beli yang kuat dari pasar mampu membawa IHSG kembali melaju di zona positif sekaligus mencetak rekor penutupan tertinggi selama tiga hari berturut – turut di level 6277,16 atau naik 0,90%. Pergerakan indeks ditunjang oleh kinerja positif sembilan dari sepuluh sektor dimana basic industry memimpin dengan penguatan sebesar 1,81% disusul oleh finance 1,77% dan agri 1,37%. Satu – satunya sektor yang melemah hanyalah miscellaneous industry sebesar 0,55% akibat merosotnya harga saham ASII.

Asing catatkan net buy

Penguatan IHSG juga turut didukung oleh aliran masuk dana asing yang hingga penutupan mencapai 386,04 miliar di keseluruhan pasar. BBRI, BMRI dan ADRO menjadi top net buy asing di pasar reguler sedangkan di pasar nego yang menjadi top net buy adalah IIKP, POOL dan SMRU. Sejak pekan lalu asing terpantau mulai rajin mencatatkan net buy seiring aksi windows dressing IHSG di akhir tahun.

Bursa Asia menguat

Sejumlah indeks utama di bursa Asia bergerak menghijau didorong oleh kenaikan di sektor energi terimbas melonjaknya harga minyak pasca ledakan pada pipa minyak di terminal ekspor terbesar Libya.

Indeks Nikkei Jepang naik 0,07% disusul oleh Hang Seng Hong Kong yang naik 0,18%. Indeks Kospi Korea yang pagi tadi sempat minus, juga berbalik menghijau setelah pemerintah Korsel mengatakan dalam pandangan tahunannya bahwa pertumbuhan ekonomi diperkirakan meningkat 3,2% pada 2017, lebih tinggi dibandingkan perkiraan sebelumnya sebesar 3%.

Namun demikian, indeks Shanghai Composite China justru anjlok hingga 0,92% setelah laba perusahaan industri hanya naik 14,9 persen pada November 2017 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, padahal kenaikan laba pada Oktober mencapai 25,1 persen.


Image source: media.cntraveller.in

Author


Avatar