Market Updates

Belum lelah, IHSG cetak rekor di hari keempat

Didukung penguatan tujuh sektor, IHSG kembali memperbarui rekor penutupan tertinggi dengan kenaikan 0,59% ke level 6314,05. Pelemahan di sektor mining dan aneka industri mampu ditutupi oleh penguatan tajam di sektor basic industry, infrastruktur dan finance yang naik lebih dari 1%. Nilai transaksi yang terjadi di bursa juga cukup besar mencapai 12,03 triliun yang mana jauh lebih besar dari rata – rata harian bulan ini di angka 8,51 triliun.

Asing net buy di pasar reguler

Meski di keseluruhan pasar asing masih tercatat keluar sebanyak 579,11 miliar, di pasar reguler yang berpengaruh langsung ke harga saham, asing membukukan net buy sebesar 246 miliar. BMRI menjadi top net buy dengan pembelian bersih sebesar 710 miliar disusul oleh BBRI (76 miliar), ASII (75 miliar) dan BBCA (65 miliar) yang mengimbangi penjualan di saham BBNI yang mencapai -889 miliar.

Bursa Asia menghijau

Bursa Asia menghijau dimana indeks MSCI Asia Pacific naik 0,8% ke 570,2 yang mana merupakan level tertinggi sejak November 2007. Penguatan indeks didorong oleh optimisme pertumbuhan ekonomi tahun depan dan lonjakan harga logam – logam industri.

Indeks ASX 200 Australia ditutup naik 0,30% karena menguatnya saham – saham produsen emas, kemudian dari daratan China, indeks Shanghai Composite dan Hang Seng masing – masing melonjak 0,63% dan 0,94%. Adapun Kospi, Korea Selatan mencatatkan penguatan tertinggi sebesar 1,26% karena lompatan tajam pada saham Samsung.

Berkebalikan dengan mayoritas bursa Asia, indeks Nikkei 225 ditutup turun 0,56% tertekan oleh penurunan saham – saham elektronik karena menguatnya mata uang yen. Selain itu, volume perdagangan yang kecil, hanya mencapai 38% dari rata-rata harian membuat pasar bergerak lesu.


Image source: i.pinimg.com

Author


Avatar