Morning Review

Dow Jones kembali menguat dan harga mayoritas komoditas bullish, berikut proyeksi IHSG di hari trading terakhir 2017

Pergerakan market hari ini mendapat beberapa sentimen positif dari bursa Amerika yang masih bullish dan harga minyak serta batubara yang menguat. IHSG masih berpeluang untuk naik namun terbatas karena sudah memasuki area jenuh beli. Selain itu pergerakan bursa Asia yang meskipun mayoritas di zona hijau, namun mulai turun dari harga pembukaanya tadi pagi. Rentang pergerakan indeks ada di kisaran 6290 – 6350.

Dow Jones kembali mendaki

Bursa saham Amerika bergerak menghijau ditopang oleh saham teknologi seperti Apple, Facebook dan IBM. Indeks Dow Jones memimpin penguatan sebesar 0,26% disusul oleh Nasdaq dan S&P 500 yang masing – masing menguat 0,16% dan 0,18%.

Bursa Eropa melemah

Indeks Stoxx Europe ditutup melemah 0,26% atau 1 poin ke posisi 389,54 karena minimnya  katalis penggerak penggerak bursa. Sektor teknologi menjadi penekan utama dengan penurunan sebesar 0,8% karena kekhawatiran akan menurunya permintaan chip untuk ponsel.

Minyak menguat

Harga minyak berhasil menguat 0,54% di level USD 59,89 per barel meskipun transaksi mulai sepi menjelang libur akhir tahun. Investor berfokus pada kenaikan demand dari China dan mulai beralih dari isu gangguan suplai minyak di Libya.

Batubara naik

Setelah bergerak stagnan seusai libur natal, harga batubara kembali menanjak di kedua bursa utama dunia. Di Rotterdam untuk kontrak pengiriman bulan Januari, harganya menguat 0,58% ke level USD 95,45 per metrik ton  sedangkan di Newcastle naik 0,40% dan bertengger di level USD 100,30 per metrik ton

CPO tergelincir

Harga CPO berakhir melemah 0,79% namun masih berada di atas level 2500 ringgit per ton. Penurunan CPO terseret oleh anjloknya harga minyak kedelai sebagai komoditas substitusi sebesar 1,68%.


Image source: cdn.pixabay.com

Author


Avatar