Morning Review

Harga minyak terus melambung, berikut proyeksi IHSG hari ini

Meskipun harga minyak WTI tidak mengalami settlement pada perdagangan kemarin karena libur Martin Luther King, namun acuan minyak Eropa,Brent, ditutup di US$70,26 per barel untuk pertama kalinya dalam tiga tahun setelah Menteri Perminyakan Irak Jabbar al-Luaibi mengatakan bahwa pembatasan produksi harus dipertahankan karena telah memberi kontribusi terhadap stabilitas di pasar. Pernyataan ini didukung oleh Menteri Energi Uni Emirat Arab yang mengatakan bahwa tidak akan ada perubahan besar dalam kebijakan OPEC akibat fluktuasi harga jangka pendek ini.

Batubara mixed

Harga batubara bergerak mixed di kedua bursa utama dunia namun masih di kisaran harga tertingginya. Data impor China menunjukkan peningkatan sebesar 0,69 juta ton setelah pemerintah Beijing yang melonggarkan pembatasan pengiriman melalui beberapa pelabuhan. Di Newcastle untuk kontrak pengiriman Februari harganya naik 0,87% namun di Rotterdam harganya justru menyusut hingga 0,58%.

CPO rebound

Harga minyak sawit berhasil rebound 0,39% ke level 2545 ringgit per ton setelah adanya program replanting sebanyak 185.000 hektar di Indonesia diperkirakan akan menurunakn produksi. Untuk diketahui, tanaman sawit baru memasuki fase produksinya setelah berumur minimal tiga tahun.

Bursa Eropa di zona merah

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,2% setelah dua pekan mengalami penguatan tertekan oleh anjloknya saham – saham terkait pertambangan dan juga ritel. Pembuat peralatan pertambangan asal Finlandia Metso mengalami persentase penurunan terbesar mencapai 9,8% sedangkan dari sektor ritel, pelemahan terjadi karena melesetnya ekspektasi laba yang diraih pada saat penjualan di libur natal.

IHSG mixed

Pergerakan IHSG hari ini kami prediksikan akan mixed dengan kecenderungan untuk melemah terbatas mengikuti mayoritas bursa regional Asia pagi ini. Secara teknikla harga masih cukup tinggi karena berada di zona overbought. Penopang laju indeks akan berasal dari sektor komoditas karena menguatnya harga minyak dan harga batubara yang masih bertahan di level tertingginya.


Image source: si.wsj.net

Author


Avatar