Market Updates

IHSG menguat mantap sejalan dengan rebound bursa regional Asia

IHSG berhasil ditutup di titik tertingginya hari ini di level 6429,69 dengan semua sektor bergerak menguat. Rebound saham TLKM membuat sektor infrastructure melonjak hingga 1,95% disusul oleh basic industry yang melompat 1,71%. Sektor mining juga masih melanjutkan trend bullishnya sejalan dengan kenaikan harga minyak yang belum menunjukkan tanda – tanda akan berhenti. Volume transaksi di bursa hari ini juga cukup ramai senilai 8,27 triliun yang mana di atas rata-rata harian bulan ini di angka 7,48 triliun.

Asing lanjutkan net buy

Laju mantap IHSG juga turut didukung oleh foreign inflow yang hari ini tercatat sebesar 116,96 miliar di keseluruhan pasar. BBCA dan BMRI menjadi saham yang paling banyak dicollect asing dengan net buy sebesar 126 miliar dan 86 miliar menimbangi net sell besar asing di saham BBNI (-146 miliar) dan PGAS (-70 miliar). Secara total, sejak awal tahun 2018, dana asing yang masuk ke dalam bursa telah mencapai 5,15 triliun.

Bursa Asia berbalik menguat

Pagi tadi mayoritas indeks regional Asia bergerak memerah dipimpin oleh penurunan saham di bursa China dan Hong Kong serta Singapura. Namun, menjelang siang bursa Asia rebound dah bahkan indeks MSCI Asia Pacific memperbarui rekor tertingginya dengan kenaikan sebesar 0,65% ke level 182,04.

Indeks Nikkei menjadi yang berperforma paling baik dengan kenaiakn sebesar 1% setelah penguatan yen terhenti dan mengalami depresiasi sebesar 0,25% terhadap Dollar AS. Berikutnya, indeks Kospi Korea memperpanjang penguatanya selama tiga hari beruntun dengan kenaikan 0,72% karena melonjaknya saham Samsung Electronics sebesar 3%.

Yang paling fenomenal adalah indeks Hang Seng yang tadi pagi bergerak melemah berhasil ditutup melonjak 1,69% sejalan dengan indeks Shanghai Composite China yang naik 0,77% karena optimisme investor mengenai laporan kinerja perusaan yang diperkirakan akan solid. Indeks STI Singapura juga ditutup naik 0,48% setelah tadi pagi bergerak di zona merah.


Image source: http://cdn.cnn.com

Author


Avatar