Market Updates

Sektor basic industri naik tajam, IHSG cetak rekor penutupan tertinggi

IHSG hari ini cukup mixed, sempat melemah hingga ke level 6420, indeks perlahan – lahan mampu bangkit ditopang oleh kenaikan tujuh sektor dan ditutup di level 6444,52 atau naik sebanyak 0,23% yang merupakan rekor tertinggi baru IHSG. Pergerakan saham semen yang berkilau membuat sektor basic industry melonjak hingga 2,20%. SMGR menjadi yang paling mencolok dengan kenaikan sebesar 7,29% sementara INTP dan SMCB naik di atas 2%.

Selain basic industry, sektor infrastructur juga naik hingga 1,03% karena saham PGAS menyentuh titik auto reject atas (ARA) pasca keputusan pemerintah yang mendukung PGAS untuk mengakusisi Pertagas.  Adapun tiga sektor yang melemah adalah aneka industri (-0,16%), consumer goods (-0,29%) dan finance (-0,38%).

Asing net buy besar di BBCA

Secara keseluruhan inflow asing yang masuk ke bursa hari ini mencapai total 112,47 miliar di keseluruhan pasar dengan pembelian terbesar pada saham BBCA senilai 448 miliar disusul oleh PGAS (154 miliar), BBRI (73 miliar) dan SMGR (50 miliar). Sementara saham – saham yang menjadi top net sell di antaranya adalah ASII (-220 miliar), KPIG (-149 miliar), BBNI (-127 miliar) dan UNVR (-111 miliar).

Bursa Asia mayoritas merah

Bursa regional Asia hari ini bergerak datar cenderung turun setelah investor mulai waspada dan bersikap hati – hati terhadap start kenaikan indeks yang impresif sejak awal tahun ini. Indeks MSCI Asia pacific sore ini terpantau melemah sebanyak 0,3% setelah kemarin mencatatkan rekor tertingginya. Kejatuhan bursa Asia juga turut diperparah oleh turunya harga komoditas minyak yang membebani laju sektor energi.

Indeks Nikkei 225 Jepang berakhir turun 0,43% meski yen terdepresiasi cukup dalam> penurunan Nikkei disusul oleh Kospi, Korea Selatan yang tergelincir 0,25%. Dari Australia, anjloknya saham – saham energi terkait harga minyak membuat indeks ASX 200 turun hingga 0,54%. STI Singapura juga terpantau turun 0,23% sore ini.

Meski demikian, tidak semua indeks bergerak melemah. Dari daratan China, indeks Shanghai Composite dan Hang seng, Hong Kong berakhir menghijau dengan kenaikan sebesar 0,24% dan 0,05% didukung oleh kenaikan saham – saham perbankan.

 

Image source: cdn.inquisitr.com

Author


Avatar