Market Updates

Sektor Consumer Goods dan Infrastructure rebound, IHSG ditutup di zona positif

Pergerakan indeks hari ini mayoritas berada di zona merah dan sempat turun hingga ke level 6443. Namun rebound pada sektor consumer goods dan infrastructure mampu membuat IHSG ditutup di zona hijau pada level 6490,90 yang mana menjadi rekor penutupan baru sekaligus titik tertingginya hari ini. Dari sepuluh sektor yang menopang bursa, hanya tiga yang bergerak melemah yaitu Agriculture (-0,79%), Construction (-0,34%) dan finance (-0,24%).

Asing net sell besar

Net sell asing kembali berlanjut dan hari ini dengan nominal yang cukup besar mencapai 889,06 miliar di keseluruhan pasar yang didominasi penjualan bersih di saham TOWR (-490 miliar), ICBP (-124 miliar), TLKM (104 miliar) dan PGAS (103 miliar). Adapun saham – saham yang mencatatkan net buy di antaranya adalah BMRI (56 miliar), BBCA (54 miliar), ADRO (34 miliar) dan WSKT (18 miliar).

Bursa Asia menghijau

Indeks MSCI Asia pacific hari ini bergerak menguat hingga 0,61% menembus level tertinggi baru dan sekarang bertengger di level 755,69. Penguatan bursa Asia didorong oleh prospek pertumbuhan laba perusahaan seiring dengan kondisi ekonomi yang membaik. Hal ini tergambar dari rilis data GDP China yang menunjukkan pertumbuhan untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir.

Indeks Shanghai Composite melaju 0,38% disusul oleh Hang Seng Hong Kong yang naik 0,41%. Indeks Nikkei 225 Jepang pun mengakhiri pelemahanya selama dua hari terakhir dengan penguatan 0,19%. Sementara itu dari Korea Selatan, indeks Kospi melanjutkan rally dengan kenaikan sebesar 0,18% seiring dengan nilai mata uang won yang rebound dari pelemahanya selama dua hari beruntun.


Image source: http://cdn2.bigcommerce.com

Author


Avatar