Market Updates

Sektor mining melompat tajam, IHSG perbarui rekor tertingginya

Meski sempat mixed, IHSG berhasil memperbarui rekor penutupan tertingginya. Diperdagangkan dengan rentang 6484 – 6529, IHSG berhasil ditutup naik sebesar 0,15% dan bertengger di level 6500,53. Lima dari sepuluh indeks sektoral bergerak di zona hijau dengan sektor mining memimpin dengan lonjakan hingga 2,54% setelah harga batubara rebound dari kejatuhanya selama tiga hari beruntun. Selain mining, sektor agri juga naik 2,54% karena menguatnya harga CPO setelah ringgit Malaysia tertekan oleh penguatan dollar.

Asing mulai rajin catatkan outflow

Asing memperpanjang outflownya dari bursa dengan net sell sebesar 288,94 miliar di keseluruhan pasar. ASII menjadi top net sell asing dengan penjualan bersih sebesar -159 miliar, disusul oleh TLKM (-151 miliar), BBNI (-107 miliar), BBRI (-55 miliar) dan ICBP (-45 miliar). Adapun saham – saham yang menjadi top net buy di antaranya adalah BBCA (131 miliar), BMRI (99 miliar), ADRo (68 miliar) dan UNTR (32 miliar).

Bursa Asia rebound

Sejumlah indeks utama di bursa Asia berhasil ditutup rebound dari kejatuhanya tadi pagi setelah investor optimis bahwa government shutdown yang saat ini terjadi di Amerika tidak akan berlangsung lama. Senat AS akan melakukan pemungutan suara pada hari ini untuk memutuskan apakah akan melakukan tindakan untuk mendanai pemerintah federal hingga 8 Februari nanti.

Merespon hal tersebut mata uang dollar yang diukur dari dollar indeks terpantau mengalami penguatan tipis sebesar 0,03% setelah sebelumnya terus bergerak melemah. Sebagai hasilnya, indeks Nikkei 225 Jepang berbalik ditutup menguat 0,03% setelah yen perlahan melemah dan membuat saham – saham berbasis elektronik bangkit dari keterpurukan. Selain Nikkei, indeks Shanghai Composite dan Hang Seng, Hong Kong juga turut menguat masing – masing sebesar 0,39% dan 0,25%.

Namun demikian, dari Korea, indeks Kospi melanjutkan pelemahanya tadi pagi dan ditutup anjlok sebesar 0,72%. Pergerakan Kospi relatif sejalan dengan mata uang won yang bergerak melemah 0,39% atau 4,2 poin ke posisi 1.070,1 per dolar AS.


Image source: inhabitat.com

Author


Avatar