Market Updates

Digerakkan delapan sektor, IHSG menguat 0,25%

Pergerakan IHSG hari ini cukup mixed di rentang 6572 – 6599 dan ditutup naik 0,25% ke level 6594,40. Delapan dari sepuluh sektor yang terdaftar di bursa bergerak di zona hijau dengan pendorong terbesar pada sektor industri dasar dan aneka industri yang naik 1,25% dan 1,13%. Adapun dua sektor yang melemah yaitu finance dan trade yang turun -0,20% dan -0,01%. Sektor finance melemah karena asing kembali melakukan outflow di saham perbankan dimana BBCA dan BBRI menjadi top net sell dengan jumlah yang cukup besar.

Asing net sell 516,23 miliar

Saham perbankan dan TLKM kembali menghiasi daftar top net sell asing hari ini. Padahal kemarin saham – saham ini mencatatkan inflow yang cukup besar. BBCA dan BBRI di daftar teratas dengan penjualan bersih sebesar -235 miliar dan -99 miliar kemudian disusul TLKM (-97 miliar), (-47 miliar) dan BBNI (-38 miliar). Adapun saham – saham yang menjadi top net buy di antaranya adalah MNCN (108 miliar), BBTN (23 miliar), SMGR (23 miliar) dan INDY (16 miliar).

Bursa Asia mixed cenderung menguat

Pergerakan bursa Asia hari ini cukup beragam namun cenderung menguat dimana indeks MSCI Asia Pacific di luar Jepang terpantau naik 0,8% karena pergerakan saham – saham di China dan Korea. Katalis indeks berasal dari sentimen positif pergerakan bursa Wall Street namun diimbangi oleh rilis data – data ekonomi domestik yang sebagian dinilai mengecewakan.

Dari Jepang misalnya, rilis data GDP Q4 2017 menunjukkan pertumbuhan hanya sebesar 0,5% di bawah prediksi para analis di kisaran 1%  dan turun jauh dibanding kuartal sebelumnya di angka 2,2%. Hasilnya indeks Nikkei 225 Jepang berakhir melemah 0,48%. Selain Jepang, bursa Singapura juga ditutup turun 0,18% yang lebih disebabkan oleh aksi profit taking setelah kenaikan di pagi hari tadi.

Sementara itu, bursa China dan Hong Kong masih melanjutkan kenaikanya kemarin setelah penyaluran pinjaman perbankan mencapai rekor baru di Januari dan diharapkan akan mampu menjadi katalis bagi perekonomian. Indeks Shanghai Composite dan Hang Seng serentak menguat masing – masing 0,45% dan 2,32%.


Image source: financialtribune.com

Author


Avatar