Market Updates

Koreksi IHSG berlanjut di tengah bursa Asia yang menguat

Berlawanan dengan mayoritas indeks regional Asia lainya, pergerakan IHSG hari ini mayoritas berada di zona merah dengan rentang antara 6614 – 6665 dan ditutup turun 0,29% di level 6643,40. Enam dari sepuluh sektor yang menyokong bursa bergerak di zona merah dengan penekan terbesar pada sektor construction yang ambles -1,23% setelah pemerintah memutuskan untuk menghentikan sementara proyek pembangunan infrastruktur jalan layang pasca seringnya terjadi kecelakaan kerja. Selain construction, sektor aneka industri ikut merosot hingga -1,23% karena turunya saham ASII. Sektor finance dan consumer juga turut menekan indeks dengan pelemahan sebesar -0,41% dan -0,46%.

Asing catatkan net buy

Meski IHSG terkapar, asing justru terpantau mencatatkan inflow senilai 77,30 miliar di keseluruhan pasar. Saham BBNI menjadi top net buy asing dengan pembelian bersih sebesar 123 miliar disusul oleh PGAS (72 miliar), PTBA (43 miliar), TLKM (31 miliar) dan BBCA (20 miliar). Adapun saham – saham yang menjadi top net sell di antaranya adalah BBRI (-103 miliar), BUMI (-93 miliar), HMSP (-44 miliar), BTPN (-34 miliar) dan INDF (-30 miliar).

Bursa Asia menghijau

Sejumlah indeks utama Asia hari ini bergerak menghijau setelah investor mulai mengalihkan perhatian kepada rapat the Fed yang diharapkan bisa memberikan petunjuk bagi kebijakan moneter di Amerika. Secara keseluruhan indeks MSCI di luar Jepang terpantau naik hingga 0,7% setelah sesi sebelumnya mengalami penurunan.

Indeks Nikkei 225 Jepang menguat 0,21% walaupun bergerak mixed di sepanjang perdagangan. Penguatan Nikkei terkait dengan pelemahan beruntun pada mata uang yen hingga sat ini berada di level 107,7 yen per dollar sehingga memberikan keuntungan bagi emiten – emiten eksportir. Sementara itu dari Hong Kong, indeks Hang Seng melonjak tajam 1,81% setelah berita mengenai sejumlah perusahaan yang menjadlin kerjasama dengan Jepang.

Kemudian dari Korea selatan, indeks Kospi ditutup menguat 0,60% ditopang oleh penguatan saham Dhongwa Pharm dan KR Motor. Selain itu sentimen positif dari akan disepakatinya perjanjian perdagangan bebas (free trade agreements/FTA) dengan lima negara Amerika Tengah yang diharapkan mampu meningkatkan akses pasar untuk sektor otomotif dan elektronik Korea Selatan.


Image source: uqvk92z67p11sbpjb3nr4qo1-wpengine.netdna-ssl.com

Author


Avatar