Market Updates

Hanya ditopang sektor finance, IHSG ditutup melemah 0,24%

Dengan transaksi yang berjalan cukup sepi, IHSG berakhir melemah 0,24% ke level 6289,57 setelah diperdagangkan di rentang 6277 – 6319. Nilai transaksi di bursa efek hari ini hanya senilai 7,45 triliun di bawah rata – rata harian bulan Maret di angka 8,5 triliun per hari. Sembilan dari sepuluh sektor yang terdaftar di BEI bergerak di zona merah dengan penekan terbesar di sektor aneka industri yang  melorot hingga 2,35%, tertekan masifnya aksi jual asing di saham ASII. Satu – satunya sektor yang berkinerja positif hanyalah finance yang naik tipis 0,39% karena sentimen  dari pulihnya penyaluran kredit di bulan Februari.

Seperti yang diketahui, Deputi Gubernur BI, Erwin Rijanto, menyatakan bahwa mulai banyak korporasi yang telah menyelesaikan masa konsolidasinya pasca menahan ekspansi sepanjang tahun 2017 sehingga penarikan kredit dari sektor korporasi bertumbuh. Hasilnya, kredit perbankan di bulan Februari naik 7,4% year on year jauh lebih tinggi daripada Januari lalu yang hanya 0,4% year on year.

Asing net sell 1 triliun

Belum kondusifnya kondisi global membuat asing melanjutkan outflownya dari bursa. Hingga penutupan market, nett sell asing tercatat mencapai 1,11 triliun di keseluruhan pasar dengan penjualan bersih terbesar pada saham ASII senilai -316 miliar, diikuti BBCA -174 miliar, TLKM -143 miliar, HMSP -140 miliar dan BMRI -119 miliar. Sementara itu net buy asing tercatat tidak terlalu signifikan dimana lima saham teratas yaitu KREN, INKP, INDY, AKRA dan BBNI hanya mencatatkan penjualan bersih senilai 94,14 miliar.

Bursa Asia mixed

Sejumlah indeks utama di regional Asia bergerak mixed sore ini. Perhatian investor yang tertuju pada rapat The Fed pada Rabu nanti membuat transaksi berjalan lesu. Indeks Kospi Korea ditutup turun 0,76% sedangkan Nikkei 225, Jepang, merosot 0,90%. Sektor teknologi menjadi penekan utama indeks setelah Apple Inc diberitakan sedang menguji coba layar MicroLED untuk perangkatnya di masa mendatang. Hal ini membuat Apple tidak perlu bergantung lagi pada layar OLED milik Samsung.

Di sisi lain, bursa China berhasil rebound dan ditutup di zona hijau dengan indeks Shanghai Composite serta Hang Seng serempak menguat 0,29% dan 0,11%. Perubahan jabatan di People’s Bank of China (PBOC) dimana Yi Gang, wakil gubernur PBOC saat ini, dinominasikan untuk menggantikan Zhou Xiaochuan sebagai kepala bank sentral China ditanggapi positif oleh pasar karena mengindikasikan kebijakan moneter yang tidak banyak berubah.

 

Image source: https://themerkle.com

Author


Avatar