Market Updates

Biodiesel Indonesia bebas bea masuk, sektor Agri bawa IHSG menghijau

Saham – saham CPO melompat tajam sore ini setelah mendapat sentimen positif dari dimenangkannya Indonesia dalam sengketa di Mahkamah Uni Eropa (UE) terkait pengenaan bea masuk anti dumping (BMAD) biodiesel. Ini berarti produk biodiesel yang masuk ke Uni Eropa tidak lagi dikenakan biaya sebesar 8,8% – 23,3%. Saham AALI melesat 6,54% diikuti LSIP dan SIMP yang melambung 5,49% dan 4,35%. Hal tersebut membuat sektor agriculture secara keseluruhan ditutup menguat 2,96%.

Beri sinyal positif ke mitra dagang selain UE

Hasil putusan Mahkamah UE dan putusan Badan Penyelesaian Sengketa (Dispute Settlement Body/DSB) WTO yang sebelumnya juga dimenangkan Indonesia, memberikan sinyal positif bagi negara-negara mitra dagang Indonesia terhadap perdagangan yang adil (fair trade) sektor sawit. Untuk Amerika misalnya, yang masih memberlakukan BMAD sebesar 50,71% untuk produk biodiesel Indonesia, putusan ini bisa digunakan untuk acuan negoisasi guna meminimalkan bea masuk CPO.

Selain manfaat tersebut, dihapuskanya BMAD di UE akan berimbas positif bagi nilai ekspor CPO Indonesia. Untuk diketahui, sebelum pengenaan BMAD Uni Eropa pada 2011, ekspor CPO Indonesia ke Eropa mencapai USD 1,4 miliar, namun setelah adanya bea masuk tersebut nilai ekspor terus turun dan bahkan di 2016 lalu hanya senilai USD 150 juta.

IHSG akhiri pelemahan enam hari beruntun

Ditopang kenaikan seluruh sektor, IHSG sukses rebound dari kejatuhannya selama enam hari berturut – turut. Konsisten di zona hijau dengan rentang 6260 – 6315, IHSG ditutup menguat 1,11% ke level 6312,83. Sektor agriculture menjadi pendorong utama laju indeks dengan penguatan sebesar 2,96% diikuti oleh basic industry yang menanjak 2,06%. Adapun sektor mining, consumer, construction dan infrastructure juga naik tajam lebih dari satu persen.

Asing masih net sell

Meski IHSG naik tinggi, arus keluar dana asing belum berkurang. Hingga penutupan market, nett sell asing di keseluruhan pasar mencapai 775,15 miliar. Saham ASII kembali menjadi top net sell asing dengan penjualan bersih sebesar -225 miliar disusul BMRI -159 miliar, BBNI -118 miliar, TLKM -80 miliar dan ADRO -79 miliar. Adapun saham – saham yang menjadi top net buy di antaranya adalah ITMG 65 miliar, ROTI 64 miliar, BSDE 17 miliar dan INCO 13 miliar.

 

Image source : https://gdb.voanews.com

Author


Avatar