Morning Review

The FED resmi naikkan suku bunga, harga minyak mentah melesat

Harga minyak WTI kemarin naik tajam hingga 3,30% ke level USD 65,49 per barel. Pendorong utama kenaikan ini berasal dari rilis data Badan Informasi Energi (EIA) Amerika yang melaporkan penurunan persediaan sebesar 2,6 juta barel pekan lalu, berbanding terbalik dengan prediksi para analis dalam survei yang memperkirakan adanya kenaikan persediaan sebesar 2,5 juta barel. Selain itu, harga minyak juga terpicu oleh melemahnya dollar indeks setelah the FED menaikkan suku bunga dan memperkirakan setidaknya dua kali kenaikan lagi untuk 2018.

Bursa Amerika respon dingin kenaikan suku bunga

Dalam rapat pertama yang dipimpin oleh Jerome Powell, The FED memutuskan untuk menaikkan suku bunga jangka pendek sebesar 25 basis poin serta mengisyaratkan bahwa suku bunga acuan dapat dinaikkan dengan lebih agresif di masa mendatang untuk menjaga stabilnya laju pertumbuhan ekonomi. Merespon hal ini, bursa Wall Street cenderung bergerak turun, namun tertahan oleh bullish saham – saham di sektor energi. Indeks Dow Jones turun tipis 0,18% sedangkan Nasdaq dan S&P 500 masing – masing melemah 0,18% dan 0,26%.

Bursa Eropa melemah

Indeks Euro Stoxx 600 melemah tajam pada awal perdagangan karena beredarnya kabar bahwa China sedang merencanakan langkah-langkah balasan terhadap tarif impor AS.Investor juga melakukan aksi wait and see menunggu keputusan the FED terkait suku bunga acuanya. Namun demikian, rebound sektor teknologi mampu membawa indeks sedikit ke atas sehingga hanya ditutup turun tipis 0,16%.

IHSG berpeluang menguat

Pergerakan IHSG hari ini kami perkirakan masih akan melanjutkan penguatanya meskipun terbatas. Kenaikan suku bunga the Fed sebelumnya telah diperkirakan pasar dan bahkan laju suku bunga yang direncanakan sebanyak tiga kali tahun ini sedikit lebih moderat daripada rencana kenaikan suku bunga pada rapat Desember tahun lalu yang memperkirakan ada empat kali kenaikan. Bursa Asia pagi ini juga terpantau menguat dimana indeks Nikkei 225 melambung 0,76% diikuti Kospi yang mendaki 0,82% sedangkan Hang Seng dan Shanghai Composite melaju 0,73% dan 0,02%.

 

Image source: https://www.scpr.org

Author


Avatar