Market Updates

Saham PTRO dorong sektor mining mengikis laju pelemahan IHSG

Pergerakan IHSG hari ini berada di zona merah sejak pembukaan market. Belum kondusifnya bursa global mendorong indeks melemah di hari ketiga secara beruntun. Sempat menyentuh level terendah di 6167, IHSG perlahan rebound didorong penguatan di sektor mining dan berakhir melemah tipis 0,17% ke level 6200,17. Saham PTRO menjadi katalis utama laju di sektor ini dengan kenaikan sebesar 11,27% karena beberapa faktor fundamental. Yang pertama adalah laporan keuangan FY 2017 yang menunjukkan kenaikan laba dari USD 7,93 juta menjadi USD 8,23 juta dan yang kedua adalah kabar dari adanya perubahan perjanjian jasa pertambangan dengan PT Kideco Jaya Agung dengan kontrak senilai  US$356 juta atau setara dengan Rp4,84 triliun untuk jangka waktu 5 tahun.

Emiten batubara menghijau

Selain didorong oleh saham PTRO, beberapa emiten dari subsektor batubara juga menghijau terdampak kabar positif dari India. DOID melonjak 4,84% diikuti oleh HRUM yang melaju 3,61%. Adapun ADRO dan PTBA masing masing naik lebih dari 1%. Seperti diketahui, menjelang musim panas yang sebentar lagi tiba, kebutuhan energi listrik di India diperkirakan melonjak dari sebelumnya di kisaran  6,200 Mega Watt menjadi 18,700 – 22.000 Mega Watt.

Dengan sebagian besar pembangkit listrik masih menggunakan batubara, maka kebutuhan energi yang besar ini otomatis akan menaikkan demand impor. Apalagi hal ini diperparah oleh kekurangan pasokan batubara domestik, seperti di Mumbai misalnya, kebutuhan untuk pembangkit listrik berkisar antara 30 – 32 gerbong batubara per harinya, namun dalam setahun terakhir pasokan yang tersedia hanya berkisar 18 – 20 gerbong saja.

Net sell asing hampir 1 triliun

Outflow asing dari bursa masih belum terhenti. Hingga penutupan pasar, total net sell asing mencapai 906,58 miliar dengan penjualan bersih terbesar pada saham TLKM senilai -226 miliar, diikuti BBRI -185 miliar, BBCA -116 miliar dan ASII -110 miliar. Adapun beberapa saham yang menjadi top net buy di antaranya adalah ROTI 64 miliar, TURI 54 miliar, BBNI 42 miliar, dan SMGR 19 miliar.

Bursa Asia rebound

Sempat melemah tajam pada pembukaan tadi pagi, sejumlah indeks utama bursa Asia berbalik menghijau. Indeks Nikkei 225 Jepang ditutup naik 0,72% disusul Kospi yang menguat 0,84% serta Hang Seng yang menguat 0,79%. Sentimen positif datang dari kabar bahwa Menteri Keuangan Amerika, Steven Mnuchin berencana untuk pergi ke Beijing menegosiasikan penetapan tarif impor atas beberapa barang produksi China.


Image source: www.topkarir.com

Author


Avatar