Market Updates

Sektor farmasi dan agriculture menghijau, IHSG akhiri pelemahan tiga hari beruntun

Pergerakan IHSG hari ini mayoritas berada di zona hijau meski penguatanya terus dikikis oleh pelemahan di sektor infrastructure. Dengan rentang 6188 – 6274, IHSG ditutup naik 0,15% ke level 6209,35. Dari sepuluh sektor yang menopang bursa, hanya tiga yang bergerak melemah dengan penekan terbesar pada sektor infrastructure yang terseret oleh pelemahan saham PGAS dan TLKM. Di sisi lain, tujuh sektor yang bergerak bullish dipimpin oleh sektor aneka industri, consumer dan agriculture.

Penguatan di sektor aneka industri didorong oleh rebound saham ASII sedangkan penguatan di sektor consumer ditenagai oleh saham – saham di bidang farmasi dan obat – obatan. Saham INAF melonjak hingga 18%, adapun KLBF dan KAEF menguat di atas 2%. Adanya event Convention on Pharmaceutical Ingredients South East Asia (CPhI SEA) 2018 yang berkelas internasional disinyalir mampu memperkuat jaringan pertumbuhan bisnis farmasi di Asia Tenggara.

Kemudian, di sektor agri, sentimen positif datang dari hasil laporan beberapa lembaga perusahaan kargo yang menyatakan bahwa ekspor CPO pada periode 1-25 Maret mencatatkan pertumbuhan signifikan.  AmSpec Agri Malaysia melaporkan pengiriman CPO pada periode tersebut tumbuh 9,5% month on month sedangkan lembaga survei kargo Societe Generale de Surveillance melaporkan kenaikan pengiriman CPO sebanyak 10,6% pada periode yang sama.

Net sell asing masih besar

Outflow asing hari ini tercatat mencapai 854,42 miliar di keseluruhan pasar seiring dengan masifnya penjualan di saham TLKM dan BBRI. Kedua saham tersebut mencatatkan penjualan bersih sebesar -379 miliar, yang diikuti oleh UNTR -148 miliar, BMRI -107 miliar dan BBNI -91 miliar. Adapun beberapa saham yang menjadi top net buy di antaranya adalah SMMA 86 miliar, WSKT 29 miliar, ADRO 29 miliar, INDY 20 miliar dan BSIM 12 miliar.

Bursa Asia Cerah

Mulai redanya tensi perang dagang antara Amerika dan China benar – benar menjadi angin segar bagi investor di regional Asia. Seperti diketahui, beredar kabar bahwa kedua negara yang terlibat perselisihan tarif impor tersebut telah memulai negoisasi diam – diam dengan presiden Trump meminta pengurangan tarif China pada mobil produksi Amerika dan keleluasaan akses ke sektor keuangan China. Bahkan Menteri keuangan Mnuchin sedang menimbang untuk melakukan perjalanan ke Beijing demi suksesnya negoisasi ini.

Merespon hal ini, sejumlah indeks utama bursa Asia menanjak cukup tajam. Indeks Nikkei ditutup melesat 2,40% disusul oleh Kospi yang melaju 0,61%. Adapun Shanghai Composite dan Hang Seng serempak menguat 1,05% dan 0,79%.


Image source: https://www.exova.com

Author


Avatar