Market Updates

Window Dressing jelang penutupan market, IHSG berbalik ke zona hijau

Pergerakan IHSG hari ini mayoritas berada di zona merah, namun tekanan beli kuat pada sesi pre-closing membuat indeks meloncat ke posisi tertingginya hari ini yaitu di level 6188,99 atau menguat sebanyak 0,78%. Bahkan sektor finance yang sepanjang perdagangan menekan IHSG berbalik naik 0,25%. Sebelumnya, sektor yang mempunyai kapitalisasi terbesar di BEI ini menekan IHSG jatuh ke zona merah karena kekhawatiran investor akan adanya regulasi baru terkait amandeman UU bank Indonesia yang direncanakan oleh Gubernur BI terpilih, Perry Warjiyo.

Seperti diketahui, Gubernur Perry menyatakan keinginan untuk memperluas peran BI yang saat ini hanya menjaga stabilitas inflasi dan rupiah menjadi lebih aktif dalam mendukung perekonomian nasional. Dalam paparanya, Perry menekankan keinginan agar lembaga perbankan bisa lebih memperluas jangkauan pembiayaan ke kredit infrastruktur, properti dan bahkan masuk ke obligasi korporasi. Meski demikian, revisi UU yang direncanakan belum akan dilaksanakan pada tahun ini karena belum masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2018, sehingga respon pasar hari ini hanya merupakan reaksi kepanikan jangka pendek.

Asing Catatkan Net Buy

Menguatnya IHSG hari ini tidak terlepas dari redanya aksi jual asing di bursa. Bahkan, hingga penutupan market, asing berbalik mencatatkan net buy meski tidak begitu besar yaitu senilai 10,85 miliar di keseluruhan pasar. SMGR menjadi saham yang paling banyak diburu asing dengan pembelian bersih sebesar 41 miliar diikuti KLBF 34 miliar, PGAS 33 miliar, ADRO 22 miliar dan MYRX 20 miliar. Di sisi lain saham – saham yang mencatatkan top net sell di antaranya adalah TELE -90 miliar, HMSP -55 miliar, UNTR -54 miliar dan BMRI -53 miliar. Kemudian untuk total bulan ini, outflow asing tercatat sebesar 14,93 triliun di keseluruhan pasar, lebih tinggi dari outflow di bulan Februari  sebesar 10,34 triliun.

Bursa Asia pertahankan penguatan

Mayoritas indeks utama di bursa Asia berhasil mempertahankan penguatanya tadi pagi. Indeks Nikkei 225 ditutup naik 0,61% diikuti Kospi yang menanjak 0,71% sedangkan Shanghai Composite dan Hang Seng masing – masing melaju 1,22% dan 0,24%. Fokus investor masih tertuju dengan respon presiden Kim Jong Un yang dikabarkan bersedia melakukan pertemuan dengan negara – negara lain seperti Jepang, China dan Rusia. Hal ini akan menjadi langkah maju bagi upaya denuklirisasi Korea Utara.


Image source: http://time.com

Author


Avatar