Market Updates

Hanya tiga sektor yang menguat, IHSG ditutup melemah tipis

Pergerakan IHSG hari ini mengikuti bursa global yang melemah akibat hubungan perdagangan global yang mengkhawatirkan. Harga komoditas yang melemah juga turut menekan harga saham emiten – emiten terkait. Sebagai hasilnya IHSG ditutup turun 0,19% ke level 6229,01 setelah diperdagangkan di rentang 6202 – 6234. Dari sepuluh sektor yang menopang bursa hanya tiga yang bergerak di zona hijau yaitu sektor aneka industri, konstruksi dan trade. Tujuh sisanya melemah namun tidak begitu besar di kisaran -0,3%.

Asing masih net sell

Hingga penutupan pasar, outflow asing dari bursa mencapai total -384,14 miliar di keseluruhan pasar. TLKM lagi – lagi menjadi top net sell dengan total dana asing yang keluar mencapai -131 miliar, diikuti oleh BDMN -72 miliar, BMRI -55 miliar, BBNI -51 miliar dan HMSP -40 miliar. Adapun saham – saham yang menjadi top net buy di antaranya adalah BBCA 47 miliar, SMGR 32 miliar, BUMI 20 miliar, dan INCO 18 miliar.

Bursa Asia kembali bearish

Sejumlah indeks utama Asia kembali melemah selama dua hari beruntun. Indeks Nikkei ditutup turun -0,49% disusul oleh Kospi -0,07% dan Shanghai Composite yang anjlok hingga -0,84%. STI Singapura dan ASX 200 Australia juga terpantau turun -0,54% dan -0,13%. Pelemahan bursa regional Asia terkait oleh hubungan perdagangan AS – China yang saling mengenakan tarif bea masuk impor. Hal ini memicu kekhawatiran akan terganggunya prospek pertumbuhan global kedua negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia tersebut.


Image source: http://images.indianexpress.com

Author


Avatar