Market Updates

Bullish bursa Asia dan penguatan rupiah bawa IHSG melaju di atas level 5800

IHSG hari ini bergerak mantap di zona hijau sejak pembukaan pasar dengan rentang perdagangan antara 5716 – 5815 dan ditutup di level 5807,38 atau naik sebanyak 1,97%. Kenaikan indeks ditopang sentimen dari penguatan rupah dan penguatan bursa utama dunia seperti Amerika, Eropa dan Asia pagi ini. Sepuluh sektor serempak bergerak menghijau dengan sektor finance memimpin penguatan sebesar 3,32%. Tiga saham perbankan blue chip yaitu  BBRI, BBCA dan BBNI berturut – turut naik sebanyak 5,9%, 4,6% dan 3,6%. Kemudian selain finance, sektor infrastructure dan basic industry menguat di atas 2%.

Di sektor infrastructure, saham TLKM yang telah berhasil break down trend terus melaju bullish dan ditutup naik 3,11% sedangkan saham PGAS meski sedikit terkoreksi dari titik tertingginya siang tadi namun masih mampu ditutup menguat 4,66%. Berikutnya kenaikan di sektor basic industry ditopang oleh kinerja saham BRPT dan INKP yang melambung di atas 5% sedangakn saham – saham semen bergerak moderat di angka 1%.

Rupiah menguat

Sempat melemah hingga ke level 14.370, Rupiah mampu berbalik menguat hingga sore ini di level 14.313 per dolar. Penguatan rupiah ini sebagai imbas dari melemahnya dollar indeks terhadap sejumlah mata uang dunia lainya setelah beberapa data-data ekonomi yang dirilis Jumat lalu sedikit mengecewakan pasar. Meski data non farm payroll cukup berkilau namun tingkat pengangguran di AS pada bulan Juni naik menjadi 4% sedangkan upah rata-rata per jam hanya meningkat 0,2% lebih rendah dari konsensus di angka 0,3%.

Bursa Asia menghijau

Sejumlah indeks utama bursa Asia serempak menghijau. Indeks Nikkei 255 Jepang melesat 2,90% disusul oleh indeks Shanghai Composite China dan Hang Seng Hong Kong yang melaju 2,47% dan 1,40%. Indeks Kospi Koreapun tidak ketinggalan dengan penguatan sebesar 0,57%. Saham – saham teknologi dan sumber daya menajdi pendorong utama pasar dan membuat indeks MSCI Asia Pacific secara keseluruhan meningkat 1,1%. Pembuat komponen elektronik besar di Jepang, Murata Manufacturing ditutup naik 5,87% diikuti Nintendo sebesar 2,53% sedangkan raksasa elektronik Korea, Samsung, melaju moderat di kisaran 1,5%.

Image source: validnews.co

Author


Avatar